Senin, 10 Desember 2012

BAHASA KOMPUTER DAN PROGRAM


Seperti diketahui, program ditulis dalam bahasa komputer. Apakah bahasa komputer itu ? Bahasa komputer adalah bahasa untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada komputer. Sebagai bahasa buatan, bahasa itu merupakan khasanah instruksi yang dikenal oleh komputer dengan tatabahasa (syntax) yang terdapat di dalam instruksi tersebut.

Apakah sebenarnya instruksi itu ? instruksi adalah kebulatan pernyataan yang dapat diterima, dapat dimengerti dan dapat dilaksanakan oleh komputer. Secara fisik instruksi itu berupa deretan simbol (alfabet) yang menjadi berarti bagi komputer, jika diberikan kepadanya dengan cara yang benar. Pada dasarnya bahasa komputer terbagi menjadi dua jenis bahasa, yaitu bahasa mesin dan bahasa awam.

2.1       Perkembangan Bahasa Komputer


A.                BAHASA GENERASI PERTAMA : BAHASA MESIN

Pada dasarnya, komputer adalah mesin digital, artinya komputer hanya mengenal ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan 1) dan tidak ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan 0). Dengan kata lain, kita harus menggunakan sandi biner 0 dan 1 untuk melakukan pemrograman komputer.
Pada awal dikembangkannya komputer pertama yaitu ENIAC (Electrical Numerical Integrator and Calculator) pada tahun 1945 oleh John W. Manckly dan J. Preper Eckert dari University of Pennsylvania bahasa pemrograman komputer harus disusun dengan menggunakan kode-kode biner, yaitu 0 dan 1. Contoh programnya ialah :
100110101100101101011
Bahasa pemrograman ini disebut sebagai bahasa mesin.Untuk dapat menyusun program dalam mesin seorang programer harus mengerti karakteristik mesin yang dihadapinya. Karena program dalam bahasa mesin harus disusun sesuai dengan karakteristik mesin tersebut. Sehingga dapat dimengerti bahwa menyusun program dalam bahasa mesin adalah rumit dan memerlukan waktu lama. Contoh diagram pemrosesan program bahasa mesin :










A.                BAHASA GENERASI KEDUA : BAHASA ASSEMBLY

Karena bahasa mesin sangat susah, maka muncul ide untuk melambangkan untaian sandi / kode biner 0 dan 1 dengan singkatan kata yang lebih mudah dipahami manusia. Singkatan kata ini kemudian sering disebut mnemonic code. Bahasa pemrograman yang menggunakan singkatan kata ini disebut bahasa assembly. Atau seringkali juga disebut sebagai assembler.

Bahasa Assembly disebut sebagai bahasa Aras Rendah (low level language). Penulis program bahasa Assembly masih perlu mengetahui karakteristik mesin komputer yang dihadapi. Karena bahasa pemrograman ini masih bersifat “machine dependent”, yaitu bahwa penulisan nya adalah harus disesuaikan dengan mesin komputer yang digunakan. Tetapi memang menulis program dalam bahasa ini sudah jauh lebih mudah daripada menulis program dalam bahasa mesin.

Sebagai contoh, dalam prosesor Intel, terdapat perintah 0011 1010 0000 1011. perintah dalam bahasa mesin ini sama artinya dengan perintah assembly CMP AL,0D, yang artinya banding kan nilai register AL dengan 0D. CMP di sini sebenarnya adalah singkatan dari CoMPare. Dapat kita lihat bahwa perintah CMP AL,0D jauh lebih mudah dipahami daripada 0011 1010 0000 1011. Tentu saja ini jika dilihat dari sudut pandang manusia; bagi komputer, kombinasi 0 dan 1 tentu lebih mudah dipahami.

B.                 BAHASA GENERASI KETIGA : BAHASA ARAS TINGGI (HIGH LEVEL LANGUAGE)

Pemrograman dengan bahasa assembly dirasakan banyak orang masih terlalu sulit. Sesuai dengan sifat manusia yang tidak pernah puas, akhirnya pada sekitar tahun 1950, suatu tim kecil dari pabrik komputer IBM yang dipimpin oleh John Backus berhasil mengembangkan suatu bahasa pemrograman yang dapat ditulis oleh seorang awam biasa yang tidak mengenal komputer. Bahasa tersebut dinamakan FORTRAN, singkatan dari FORmula TRANslator. Bahasa pemrograman ini sudah bersifat “machine independent”, artinya seorang pemrogram akan dapat menulis suatu program tanpa harus mengetahui karakteristik mesin yang akan dipakai nanti. Bahasa pemrograman ini menggunakan kata-kata yang mudah dikenali oleh manusia. Bahasa pemrograman seperti ini disebut bahasa generasi ketiga atau disingkat 3GL (third-generation language). Beberapa orang menyebut bahasa ini dengan bahasa tingkat tinggi atau disingkat HLL (high-level language). Ada banyak contoh bahasa generasi ketiga, selain dari FORTRAN, antara lain : Basic, Pascal, C, C++, COBOL dan sebagainya.

Bahasa generasi ketiga biasanya menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris karena memang bahasa tersebut adalah bahasa internasional. Sebagai contoh, kita dapat menuliskan perintah berikut dalam :

Bahasa Pascal :                                    iteln (‘Algoritma’);

Bahasa C :                                           intf (“Algoritma\n\r”);

Bahasa C++ :                                      cout <<”Algoritma” << endl;

Bahasa Visual Basic            Form1.Print “Algoritma”

Keempat pernyataan di atas bertujuan sama, yaitu menuliskan teks “Algoritma” ke keluaran standar (standar output), biasanya ke layar komputer.

C.                 BAHASA GENERASI KEEMPAT : BAHASA-BAHASA DEKLARATIF

Para ahli tidak berhenti pada bahasa generasi ketiga, terus diusahakan penyempurnaan pada bahasa pemrograman. Dan sekitar tahun 1980 berhasil dikembangkan bahasa pemrograman generasi keempat (fourth generation language = 4th GL). Bahasa pemrograman generasi keempat ini sudah jauh lebih mudah ditulis, bahkan oleh orang yang sangat awam komputer sekalipun, seperti ibu rumah tangga, atau manajer perusahaan yang dunianya sehari-hari adalah berhubungan dengan pemanfaatan komputer. Bahasa ini banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi basis data (database). Salah satu contohnya adalah SQL (Structured Query Language). Pada bahasa ini, perintah-perintah yang digunakan lebih manusiawi, misalnya “SELECT Nama, Alamat FROM Karyawan”, untuk mengambil data Nama dan Alamat dari data Karyawan.

Bahasa pemrograman generasi keempat disebut juga sebagai bahasa pemrograman deklaratif. Bahasa deklaratif adalah bahasa pemrograman seperti bahasa Inggris biasa. Bahasa ini di kembangkan dengan ide agar para professional dapat dengan mudah dan cepat memanfaatkan komputer dilingkungan pekerjaan tanpa perlu bantuan program.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih bagi anda yang meninggalkan kritik dan atau saran.